APA SI BANER ? ADA NGGAK SI MANFAATNYA?




        Apa si banner (spanduk) itu? Secara umum, banner adalah suatu media informasi non personal yang berisi pesan promosi, baik itu untuk tujuan menjual ataupun untuk memperkenalkan sesuatu produk/jasa kepada khalayak umum.

        selain itu ada juga yang mengatakan bahwa  banner adalah suatu media promosi/ publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal. Sebelum dicetak, banner didesain terlebih dahulu menggunakan komputer dan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Adapun beberapa pendapat menurut para ahli terkait, sebagai berikut: 

1. Rachmat Kriyantono

        Menurut Rachmat Kriyantono, banner adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

2. Darmadi Durianto

    Menurut Darmadi Durianto,banner adalah suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

        Menurut KBBI, banner adalah media promosi yang berisi pesan atau berita yang menjadi informasi untuk khalayak ramai dan juga menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.


Fungsi dan Tujuan Banner

        Pada dasarnya fungsi banner adalah sebagai media pemasaran yang berisi publikasi, iklan, promosi, dan berbagai keperluan lainnya. Sedangkan tujuan dari pemasangan banner adalah untuk mempromosikan atau mengiklankan sesuatu sehingga menarik perhatian lebih banyak orang ketika melihatnya.

        Mengacu pada penjelasan arti banner yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi banner adalah sebagai berikut:

  1. Media Informasi: pemasangan banner merupakan cara yang sangat efektif sebagai media informasi kepada khalayak, baik itu banner offline maupun banner di website/ blog.
  2. Media Promosi: sama halnya sebagai media informasi, banner juga efektif digunakan sebagai media promosi. Namun, tentu saja pemasangan banner harus berada pada tempat yang strategis dan sering dilihat masyarakat umum.
  3. Identitas/ Ciri Khas: banner pada sebuah website/ blog dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas website tersebut sehingga pengunjung lebih mudah mengingatnya. Banner di website juga bisa menjadi salah satu cara dalam melakukan branding secara online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

apa si batara Printing dan Fotocopy itu?